News

Launching Aplikasi UMKM Kota Cirebon
09 Maret 2018

Cirebon,- Start Up Cirebon Community menggelar kegiatan Workshop dan Launching Aplikasi UMKM Kota Cirebon, yang berlangsung di Atrium 2 Grage City Mall, Jalan Jend. A. Yani, Kota Cirebon, Kamis (8/3/2018).

Sebelum peluncuran aplikasi UMKM yang dinamakan LokalMarket.id tersebut, acara diisi dengan menghadirkan Bamunas S Boediman atau yang biasa disapa Oki.

“Lokalmarket berfokus pada pengembangan fitur filterisasi satu wilayah yakni penjual dan pembeli berasal dari kota yang sama,” ujarnya kepada About Cirebon.

Ia menjelaskan, bahwa aplikasi LokalMarket.id merupakan hasil dari Komunitas Start Up Cirebon, yang di dalamnya mewadahi komunitas marketing, pengusaha, program Cirebon, dan komunitas lainnya.

“Dari kombinasi komunitas itulah tercipta sebua karya seperti media MalesMikir.com dan juga LokalMarket.id ini untuk membina UMKM,” bebernya.

Rahman Sunandi, Founder LokalMarket.id yang juga Ketua Start Up Cirebon mengatakan, LokalMarket.id merupakan salah satu wadah UMKM yang mengusung model bisnis marketplace yang memadukan sistem pembelanjaan offline dan online yang menjual berbagai macam barang.

Lanjut dia, pada aplikasi LokalMarket.id para pelanggan yang ingin mengakses Lokalmarket sangat mudah dan bisa melalui semua device yang terhubung dengan internet. Kemudian, LokalMarket.id bukan hanya untuk jual beli saja, tapi menjadi katalog untuk membeli.

“Di lokalmarket sendiri mempunyai vendor yang bisa mengelola toko sendiri, buat tampilan menarik melalui avatar dan banner. Bisa juga menentukan rekening bank untuk menerima pembayaran ke lebih 60 jaringan bank di Indonesia,” jelasnya.

Ia menyadari, karena pembuatan aplikasi ini masih berbasis komunitas, maka aplikasi ini masih terbatas. Kita masih ingin menambahkan akun virtual rekening bersama. Lokalmarekt juga akan bekerja sama dengan hotel-hotel dan restaurant di Cirebon. Seperti booking untuk candle light dinner, honeymoon package, sampai party planner.

“Untuk produk yang ditampilkan pun hanya lokal, jadi dengan adanya lokalmarket ini punya fitur filterisasi hanya mencakup lokal. Aplikasi ini baru bisa di download Jumat (9/2) siang,” pungkasnya.

Selain peluncuran aplikasi Lokalmarket, diisi juga dengan kegiatan workshop mengusung tema Kunci Sukses Menjadi UMKM dan Melipatgandakan Profit dengan pembicara Coach Barlian Winarta (Start Coach Indonesia), dan dimeriahkan juga oleh Bonjol Danz Magician Cirebon, serta dipandu oleh MC Riri Ryana